Rumah yang ideal harus dapat memenuhi segala kebutuhan huni pemiliknya. Namun, bagaimana bila lahan Anda terbatas sedangkan kebutuhan ruang yang dibutuhkan tak dapat dikurangi?

Lahan yang terbatas sering kali menjadi permasalahan bagi si pemilik untuk mendirikan bangunan di atasnya.

Keinginan untuk membangun rumah dengan jumlah ruangan yang dibutuhkan harus disesuaikan dengan luasan yang ada. Namun, keterbatasan lahan tidak perlu Anda jadikan penghalang untuk memiliki rumah yang ideal. Ide sesain yang diberikan kali ini mengangkat pertanyaan dari salah satu pembaca iDEA yang berencana membangun rumah di lahan terbatas. Dengan ukuran lahan 8 x 12 meter, si pemilik ingin membangun rumah tinggal untuk kapasitas keluarga kecil. Berikut ini, kami coba memberikan ide desain denah rumah yang tepat. Lewat denah ini, kami memasukkan semua ruangan yang dibutuhkan oleh pemilik, yang terbagi ke dalam dua level lantai.

Konsep pengaturan tata letak ruangan di rumah ini didasarkan pada pembagian zona aktivitas. Ruangan-ruangan yang bersifat servis dan publik – ruang keluarga, ruang makan, ruang tamu - disatukan di lantai dasar. Letaknyanya pun berdekatan, hal ini bertujuan untuk mempermudah sirkulasi tanpa melupakan aspek privasi. Lahan sisa pada bagian belakang bangunan pun dimanfaatkan sebagai area menjemur.

 
Tak hanya itu, di lantai dasar juga terdapat ruangan yang bersifat privat seperti kamar tidur anak. Untuk lantai atas, lahan dioptimalkan sebagai kamar tidur utama. Jalur sirkulasi menuju kamar tidur utama dimanfaatkan sebagai ruang bersantai. Di sini, anggota keluarga dapat melakukan berbagai macam kegiatan santai seperti berkumpul ataupun membaca buku. Seperti yang dilansir oleh ideaonline.co.id

 Keterangan Ruang:
1.     Halaman untuk garasi mobil
2.     Ruang tamu
3.     Kamar tidur anak 1
4.     Dapur
5.     Ruang makan
6.     Ruang keluarga
7.     Kamar mandi
8.     Kamar tidur anak 2
9.     Area menjemur
10.   Ruang bersantai
11.   Kamar tidur utama
12.   Kamar mandi


sumber